PENGERTIAN DAN PERANAN OSIS
Dalam upaya mengenal, memahami dan mengelola Organisasi Intra Sekolah (OSIS) perlupenjelasan mengenai pengertian dan
peranan tentang Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).Dengan pengertian dan peranan yang jelas akan membantu para Pembina, pengurus danperwakilan
kelas untuk mendayagunakan OSIS ini sesuai dengan fungsinya.A.Pengertian,
OSIS, meliputi:1.Secara SematisDi dalam Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor226/C/Kep/0/1993 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah
adalah OSIS.Kepanjangan OSIS terdiri dari,
organisasi, siswa, intra, sekolah:Masing-masing
mempunyai pengertian:
a.Organisasi Secara umum adalah kelompok kerjasama antara pribadi yang diadakan untukmencapai
tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan satuan atau kelompokkerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha untuk
mencapai tujuan bersama,yaitu mendukung
terwujudnya pembinaan kesiswaan.
b.Siswa adalah peserta didik pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar
dan menengah.
c.Intra adalah berarti terletak didalam dan di antara. Sehingga OSIS berarti
suatu organisasisiswa yang ada di dalam
dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan.
d.Sekolah adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan
kegiatan belajar mengajar secaraberjenjang dan
bersinambungan.1.Secara OrganisasiOSIS adalah satu-satunya wadah
organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itusetiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidakmempunyai
hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadibagian / alat dari organisasi lain yang
ada di luar sekolah.2.Secara fungsionalDalam rangka
pelaksanaan kebijaksanaan
pendidikan khususnya di bidang pembinaankesiswaan arti yang terkandung lebih
jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salahsatu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, di samping ketiga jalur yang
lain yaitu :Latihan Kepemimpinan,
Ekstrakurikuler dan Wawasan Wiyatamandala.3.Secara SistemApabila OSIS dipandang suatu
sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupanberkelompok siswa bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini OSISdipandang sebagai sistem, dimana
sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalamupaya menciptakan suatu organisasi yang mengadakan koordinasi dalam upayamenciptakan suatu organisasi yang mampu
mencapai tujuan.Oleh karena OSIS sebagai
suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok:a.berorientasi pada tujuan.b.memiliki susunan kehidupan kelompokc.memiliki sejumlah peranan.d.terkoordinasi dane.berkelanjutan dalam waktu tertentu.B. PerananSalah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi
dan peranan.Demikianlah pada OSIS sebagai suatu organisasi
memiliki pola beberapa peranan atau fungsidalam mencapai tujuan.Sebagai suatu
organisasi perlu pula memperhatikan faktor-faktor yang sangat berperan, agarOSIS sebagai organisasi tetap hidup dalam arti tetap
memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan perkembagan.
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar OSIS tetapeksis yaitu:1.Sumber daya2.Efisiensi3.Koordinasi kegiatan sejalan dengan tujuan4.Pembaharuan5.Kemampuan beradaptasi dengan
lingkungan luar6.Terpenuhinya
fungsi dan peran
seluruh komponen.Berdasarkan prinsip-prinsip organisasi tersebut agar OSIS
selalu dapat mewujudkan peranannyasebagai
salah satu jalur pembinaan kesiswaan perlu di pahami apa sebenarnya arti, peran
danmanfaat apa saja yang diperoleh
melalui OSIS tersebut.Peranan adalah manfaat atau kegunaan yang dapat
disumbangkan OSIS dalam rangkapembinaan kesiswaan.Sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan, peranan
OSIS adalah:1.Sebagai WadahOrganisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan
para siswa diSekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk
mendukung tercapainya tujuanpembinaan
kesiswaan. Oleh sebab itu OSIS dalam mewujudkan fungsinya sebagai wadah.Wahana harus selalu bersama-sama dengan jalur lain, yaitu latihan kepemimpinan,ekstrakurikuler, dan wawasan wiyatamandala. Tanpa
seling berkerjasama dari berbagai jalur,peranan
OSIS sebagai wadah tidak akan berfungsi lagi.2.Sebagai Penggerak / MotivatorMotivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya
keinginan, semangat para siswauntuk
berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan. OSIS akan tampilsebagai penggerak apabila para pembina, pengurus
mampu membawa OSIS selalu dapatmenyesuaikan dan memenuhi kebutuhan yang diharapkan,
yaitu menghadapi perubahan,memiliki
daya tangkal terhadap acanaman, memanfaatkan peluang dan perubahan, dan yangpaling penting memberikan
kepuasan kepada anggota. Dengan
bahasa manajemen OSISmampu memainkan fungsi intelektual, yaitu mampu meningkatkan keberadaan
OSIS baiksecara
internal maupun eksternal. Apabila
OSIS dapat berfungsi demikian sekaligus OSISberhasil menampilkan peranannya sebagai motivator.3.Peranan
yang bersifat preventif Apabila peran yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakansumber daya yang ada secara eksternal OSIS mampu mengadaptasi dengan lingkungan,seperti : menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengandemikian secara preventif OSIS berhasil ikut
mengamankan sekolah dari segala ancamanyang
datang dari dalam maupun dari luar. Peranan Preventif OSIS akan terwujud apabilaperanan OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus
dapat diwujudkan.Melalui peranan OSIS tersebut dapat ditarik beberapa manfaat sebagai berikut:1. Meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.2. Meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air.3. Meningkatkan kepribadian dan budi pekerti luhur.4. Meningkatkan kemampuan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan.5. Meningkatkan ketrampilan, kemandirian dan percaya diri.6. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.7. Menghargai dan menjiwai nilai-nilai seni, meningkatkan dan mengembangkan kreasi seni. Telah kita maklumi bersama, bahwa kegiatan ekstrakurikuler biasanya dikaitkan dengankegiatan OSIS. Artinya, meskipun gagasan awal kegiatan tersebut datang dari para pembina, namun pelaksanaanya dilakukan oleh OSIS.
ARTI LAMBANG
OSIS
Arti bentuk dan warna lambang OSIS:Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga
Generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila. Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan kesungguhan hati, agar menjadi warga negara yang baik dan berguna. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga, yaitu: abdi, adab, ajar, aktif, dan amal.
Buku terbuka
Belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi, merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.
Kunci pas
Kemauan bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain, menyebabkan siswa berani mandiri. Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala kesulitan.
Tangan terbuka
Kesediaan menolong orang lain yang lemah sesama siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan dan pertolongan, yang menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab.
Biduk
Biduk / perahu, yang melaju di lautan hidup menuju masa depan yang lebih baik, yaitu tujuan nasional yang dicita – citakan.
Pelangi merah putih
Tujuan nasional yang dicita–citakan adalah masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera baik material maupun spiritual.
Tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, lima daun kapas
Pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah peristiwa penegakan jembatan emas kemerdekaan Indonesia mengandung nilai–nilai perjuangan ’45 yang harus dihayati para siswa sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Kemerdekaan yang telah ditebus dengan mahal perlu diisi dengan partisipasi penuh para siswa.
Warna kuning
Sebagai dasar lambang yaitu warna kehormatan/agung. Suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi, untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka, sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air, bangsa dan negara.
Warna coklat
Warna tanah Indonesia, berpijak pada kepribadian dan budaya sendiri serta rasa nasional Indonesia.
Warna merah putih
Warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran.iuggggtuiy